Cooking 6 Kroket Tofu

28 Maret 2010,minggu

Resep kali ini berbahan tofu, tambahan bayam n daging cincang. Resepnya gw tulisin disini,
bahan
* 100 gr tahu putih
* 1/4 sdt garam
* 1/8 sdt merica bubuk, jika perlu
* 1/16 sdt pala bubuk
* 1 butir telur
* 2 sdm daging sapi giling
* 50 gr daun dan batang muda bayam, rebus, cincang
* 25 gr keju cheddar, serut
* minyak goreng secukupnya

Pelapis :

* 3 sdm tepung terigu protein rendah
* 1 butir telur, kocok rata
* 75 gram tepung panir

Cara membuat :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, remas2 sambil di peras hingga tahu lumat dan tiris. Campur rata dengan garam, merica, pala bubuk, telur, daging, daun dan batang muda bayam, serta keju.
2. Ratakan adonan tahu dalam loyang 20x20x4 cm yang dioles minyak goreng. Kukus hingga masak (20 menit), sisihkan hingga dingin
3. Potong2 nugget 8cmx1cm atau sesuai selera, gulingkan ke tepung terigu, lalu celupkan ke telur kocok. Selanjutnya, gulingkan ke tepung panir hingga rata.
4. Goreng terendam minyak di atas api sedang hingga kering dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat.
Kenapa judul semestinya Nugget Tofu gw ganti jadi kroket tofu?? Ini ada critanyaa...
Tahu dsini dijual perkotak dalamnya tuh isi tahu n air, jadi tahunya melayang2 di dalam air...hehe. Nah mungkin gw bungkus tahu pake serbetnya kurang gape, jadinya pas di kukus masih berair, ga keringg biar gw uda microwave in lagi tuh adonan. Akhirnya pas acara pemotongan adonan, terpaksa harus gw perasss lagi tuh, so sekalian aja gw bkin mirip kroket ala japanese dah.

11 comments:

  1. pd doyan ga? td mau bikin nih ari, cuma bawaan ngantuk

    ReplyDelete
  2. gw juga biasanya beli tahu yang direndem di air gitu.. hasilnya basah banget yah?

    ReplyDelete
  3. setelah di goreng di dalamnya lembek ga syl?

    ReplyDelete
  4. hahaha asli mirip kroket mmm antik jg yah g lagi bayangin daging giling + bayam + tahu hehehe kapan yah g bikinnya belum belanja nih....

    ReplyDelete
  5. tofu bukannya beda sama tahu ya? soalnya klo disini tofu itu tahu sutera kalo tahu ya tahu putih yg kotakan gitu... btw kalo ditambahin toge jd tahu isi ya hehehheheheheh

    ReplyDelete
  6. Gua udah bikin pake tahu air (yang dibungkus kain), gak basah2 amat sih:) Btw kroket japanese kayak apa, sama kayak yang di Indo?

    ReplyDelete
  7. @kd, pd kurang gitu suka..haha, aneh kale tahu pake bayam? gw jg ga bgtu suka siii
    @xiao, setelah dikukus masih basah, diremes2 dl baru dibentuk..agak susah jadinya ngebentuknya.
    @henny, setelah digoreng si ga basah, ga lembek juga sii..cuman goreng msti ati2

    ReplyDelete
  8. @liza, iya kayak bkin kroket dah
    @deby, dsini tahu bhs jep nya tofu, kalo yg tahu sutera, dsini namanya jadi tamago tofu
    @el, kroket japanese itu bahannya kentang,daging giling,gorengnya juga pake tepung panir gitu.. apa kapan2 mo dijadiin PR biar pada nyobain bikin?

    ReplyDelete
  9. haaahhh...gue jg baru hari ini mau bikin neh
    hm..penasaran juga

    ReplyDelete
  10. Gw juga loh Mei beli tahu rendam air, mana gak pernah remas2 serbet, jadi minder duuan sebelum buat hehe.

    ReplyDelete
  11. ini pake bayem>? wew, keknya kurang menarik ci hehe

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya