Cooking 9 Udon Pho BO

19 April 2010, senin

Resep kali ini kwetiao vietnam, berhubung ga ada kwetiao, jadi dipake lagi dah si udon. Bahannya gw pikir susah dicari, kayak bunga lawang, kayu manis ternyata ada di supermaket tapi harganya lumayan mahallll...tuh bunga cuman 2 biji aja mo 20rb?? buset dah...kalo cinamonnya sekitar 15rb perbotol kecil.
Trus hunting tulang dengkul nya si sapi, ternyata ga ada, susah nyarinya, jadi gw pake tulang ayam dah buat bikin kaldu nya..daripada ga ada ya ga?

Resepnya disini gw catetin lagi
» Bahan
500 gr udon basah
200 gr Daging sukiyaki
150 gr Taoge

» Kaldu
3000 ml Air
200 gr Tulang ayam
4 bh Bawang Putih
3 ptg kcl Jahe
2 btr Bawang Bombay
3 sdm Minyak goreng
1 sdm Kayu Manis -cinamon
3 ptg Bunga lawang -star anise
1 sdt Garam
0.5 sdt Lada Halus
3 sdm Kecap ikan
1 sdt Gula pasir

Cara Membuat :
1. Rebus air dengan tulang ayam hingga mendidih, kecilkan apinya, didihkan terus. Buang buih-buih yang mengapung. Memarkan bawang putih dan jahe. Belah bawang bombay membujur, lalu iris tipis

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum, masukkan kayu manis dan pekak, aduk. Masukkan ke dalam rebusan tulang. Masak di atas api kecil hingga harum, angkat.

3.Ukur kaldu kurang lebih 1500 ml, jerangkan kembali. Bubuhi garam, merica, kecap asin, dan gula pasir. Masukkan daging, panaskan diatas api kecil

4. Seduh udon dan taoge secara terpisah dalam air mendidih, angkat, tiriskan

5. Penyajian : Susun kwetiau dan taoge dalam mangkuk, tuangi kuah panas berikut irisan daging. Taburi cabai rawit, daun bawang Sajikan panas.

Gw bikin buat makan siang sekeluarga. Menurut gw n suami si lebih enak yang pad thai kemarin, dibanding ini. Anak2 juga lebih suka yang pad thai...apa karena gw pake tulang ayam bukan tulang sapi ya?? btw, tetep semangat girls

4 comments:

  1. wow syl penampakannya kaya niku udon hehehe

    ReplyDelete
  2. Aduh mateng..gw masih jauh nih Mei ke menu ini. Iya pake aja kaldu apapun asal kaldu hehe. Penampilannya sih enak loh.

    ReplyDelete
  3. iyyaa..bner kayak niku udon yaa...gw lbh suka niku udon drpd ini...mmm...
    gpp...yg pnting tetep semangat bkinnn

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya