unek-unek airport jakarta- bali

9 september 2009, rabu

Hari ini mo ngeluarin komplein ya sekedar unek unek di hati tentang airport indonesia yang gw rasa makin parah nih pelayanannyaaaaaaaa...

Gw balik ke indo akhir bulan 6, naik GA dari Osaka ke Jakarta, transit via Denpasar Bali. Nah disini si masih lumyan, pas transit Bali, kita langsung jalan ke ruangan transitnya, walaupun perjalanan ke ruangannya lumayan jauh, apalgi gw harus gendong Xiang n tuntun Mei yaa..masih bisa dibilang OK lah..

Yang gw mo komplein pas gw mo balik dari Jakarta ke Osaka, transit Bali lagi. Nah, ini die, yang dibilang sistem baru. Di Jakartanya, kita tuh dianggap ikut penerbangan dalam negeri, tujuan Bali, nah disitu, kita dikenai charge 40rb/orang. Yaa udaa, ngikut ajaaa...Katanya sistem nya berubah jadi imigrasinya sekarang bukan di Jakarta, tapi di Bali yang berlaku bulan Juli 2009.

Nah nyampe ke Bali, perjalanan satu setengah jem. Turun Bali uda sekitar jam 10an malem tuh, ternyata kita harus keluar tuh dari airportnya, minta cap di pasport, yang ngantrinya ajubilaaah, macet cet..butuh waktu stengah mpe sejem an tuh.
Puji Tuhan, waktu itu, Mei ga bobo, kalo gaa...gw ga tau dah gimana cara gendong Mei n Xiang..mana mereka kena flu lagi, batuk pilek, gw da stress aja.

Abis minta cap, kita keluar dari terminal kedatangan tuh, menuju terminal keberangkatan. Nah disitu, gw celengak celengok, kagak tau jalan, nanya sono sini. Dikasih tau arah jalannya, yang ajubilah jauhhhnyaaaaaaaaaaa...gila, mana gw gendong Xiang, tuntun Mei yang uda setengah tidur, bawa tas dorongan, untung juga tuh tas ada rodanyaa..kalo gaaaaaaaaaa...bener2 senewen dah gw.

Nyampe di loket GA, gw harus urus2 tiket n cap fiskal segala, yang butuh waktu coz banyak org yang antri, mesti jalan lagi ke ruangan keberangkatan, yang juga butuh setengah jem da jalan kaki. Heran kok ga fleksible banget, wong org transit aja mesti ngurus ini itu, nah disitu gw juga dikenai charge 150rb/orang. Yang bener aja!
Dobel bayar jadinyaaaa..mabok banget.

Nyampe di ruangannya, kita bukannya langsung masuk aja, gw da takut aja, pesawat tuh uda mo berangkat jam 1 pagi n sekarang da stengh 1 pagi. Mei da ngantuk banget, Xiang juga rewel banget. Disitu kita masih aja harus ngantriiii lagii.Masa si penumpang 3 pesawat beda digabung dalam 1 ruangan???? Bener2 ga profesional banget, mau duit orang tapi fasilitas nol besar!! Gw makin panik coz ada pengumuman bahwa pesawatnya mo berangkat 5 menit lagi. Bayangkan gw masih ngantri di belakang!!!

Akhirnya penumpang yang naik pesawat GA yang tujuan Osaka dipersilahkan masuk duluan ke bis yang menuju pesawat. Yang gw bingung, gimana gw bawa tas roda naik ke pesawat ya..ga bisa didorong, coz kita harus manjat tangga pesawatnya...Untung banget, di sebelah gw duduk orang Jepang, die suruh anaknya bawain tas gw. Puji Tuhan banget!

Ga nyampe 3 menit, pesawat dah siap take off. Bener2 pengalaman dasyat dah, gw bener2 ga tau sapa si yang bikin sistem kayak gini?? Ancur ancuran, ga profesional membiarkan penumpang jalan jauh banget n ribet banget urus cap2 pasport, fiskal sgala macem, padahal kita kan hanya transiiitttt via Bali aja.

Tapi, Puji Tuhan, selamat mpe tujuan. Dalam hati gw mikir, besok2 gw ga mau dah naik pesawat yang transit di indo, mending transit di tempat lain aja, daripada urusannya jadi ribet begini. Ini bukan hanya berlaku buat pesawat GA aja lho...pesawat negara lain yang transit juga diberlakukan sistem ini.
AAAAAAh, Indonesia, kok pelayanannya malah makin amburadul gini siii?? Gimana kita bisa bersaing ama negara lain???

8 comments:

  1. Masa sekarang transit ribet banget yak? Yang gue tahu dulu2, kalo transit kan ada counter transit, lapor diri ajah, terus langsung masuk ruang tunggu pesawat berikutnya. Cuma ya kalo airportnya gede buangettt kaya Singapore, ya jalannya panjang dan jauh, cuma masih di situ2 juga dan untuk meng-akomodasi tempat yang jauh itu, ada rel berjalan.

    Adu, kasian banget ya lu. Hihihi.. Yang bener mah ya, next time jangan nekad bawa anak dua pulkam sendirian. Wakakkaa.....

    ReplyDelete
  2. Walah2 Syl...
    bisa separah itu yah... biasanya kan pesawat ke LN harus check in 2 jam sebelomnya... lah ini 5 menit sblm masih cap cap... gila yah

    Emang deh gw jg gak bisa comment apa2 cuma bisa kesel sendiri dalem ati kalo ngalamin. Mgkn masih blom punya moral kali yah..hehehe

    ReplyDelete
  3. waduhh parah bener tuh yaaa..?? mana lo lagi bawa anak2 pula, pasti bawaannya jadi tambah ribet (pengalaman pribadi dot com).

    yah yang penting udah pulang dengan selamat syl...hahahhaha....

    ReplyDelete
  4. gua sih emang males kalo pake acara transit2, aplgi ke bali....dari jkt ke perth ada yg murah, gua lupa deh naek apa, garuda or air asia, musti ke bali dulu, walaupun murah tp nunggunya lama, aplagi bawa anak kecil, yg tua aja sering nggerutu...

    ReplyDelete
  5. deg-degan banget dong en repot udah bawa tas, tuntun anak dan gendong anak. salut gua!

    iya, harusnya bayar airport tax 1 kali aja rp. 150 ribu di jakarta.

    lain kali, ajak gua biar gua urusin semuanya deh. yg penting gua dibayarin sampe jepang. ok? hihihi

    ReplyDelete
  6. Urusan di airport emang repot yah. Disini sejak 9-11, reseh banget deh kudu periksa ini itu. Memang untuk safety kita sih. Tp beneran deh kudu py banyak waktu. Gw bbrp kali tuh ngalamin stress gara2 antrian juga. Susahnya kalau di Indo, org2 nya pada gga mau ngalah. Kalu disini masih lumayan lah.

    ReplyDelete
  7. ternyata begini toh ceritanya... untung rencana liburan ke Jkt batal... klo gak, gak kebayang gmn repotnya klo aku pergi berdua ama Ken! Udah, pake MAS atau Cathay aja, gak pake ke Bali dulu tuh...

    ReplyDelete
  8. aduh, syl, ikut prihatin
    makanya gue ga suka transit dlm negri...bukannya sombong ... kalo jln2 luar negri, lgs jadi destination aja. mending lo dari osaka transit singapore atau hongkong kali yeee...
    adduh... mana bawa barang dan anak 2.. kebayang deh ribetnya elo

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya