Hati hati virus flu babi

Milis dari tetangga lagiiii...pentinggg...

Berita flu babi saat ini menjadi perhatian dunia, Asalnya dari Babi yang Demam, Batuk dan Depresi
Menyebarnya juga sangat cepat, hati-hati dan waspada dengan keluarga kita.
Berikut postingan nya aku copas dari detik com;


Negara-negara Asia mulai mengambil tindakan untuk mengantisipasi menyebarnya flu babi Meksiko ke seluruh dunia. Beberapa di antaranya memberlakukan karantina dan pengecekan terhadap orang-orang yang baru saja tiba dari Meksiko dan Amerika Serikat yang terindikasi gejala flu.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu (26/4/2009), pemerintah China telah mengeluarkan peringatan darurat dan meminta warganya yang baru saja pulang dari Meksiko dan AS melapor jika mengalami gejala seperti flu. Departemen Kesehatan dan Departemen Pertanian juga terus memantau perkembangan penyebaran virus ini.

Sedangkan Singapura terus memantau dan meminta seluruh petugas kesehatan waspada jika terjadi kasus yang mencurigakan. Pemerintah juga menyarankan warganya yang dalam seminggu terakhir baru pulang dari Meksiko dan Texas serta California segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala yang menyerupai flu.

Selain itu warga juga diminta membatasi kunjungan ke Meksiko dan AS. "Yang mengkhawatirkan adalah banyak penderita yang sebelumnya tidak pernah melakukan kontak dengan peternakan maupun babi. Artinya penularan dari orang ke orang sangat bisa terjadi," ujar Menkes Singapura Khaw Boon Wan.

Sementara itu Vietnam telah meluncurkan sistem pengawasan penyakit untuk mendeteksi kasus-kasus yang mencurigakan. Pemerintah Vietnam juga telah berkoordinasi dengan WHO untuk mencari informasi tentang penyakit tersebut dan cara-cara pencegahannya.

Korea Selatan bahkan telah mengkarantina dan mengecek setiap orang yang baru datang dari Meksiko dan AS. Hal serupa diberlakukan untuk daging babi impor dari kedua negara tersebut.

Di Hong Kong, pemerintah melakukan pengawasan terhadap titik-titik perbatasan. Orang-orang yang kedapatan mengalami gejala seperti flu babi dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih jauh.

Di Jepang, petugas Bandara Narita yang terletak di sebelah timur Tokyo mengecek suhu badan setiap orang yang baru datang dari Meksiko. Pemerintah juga memeriksa setiap babi impor yang hidup.

Kementerian Luar Negeri Jepang juga mengeluarkan nasehat (advisory) agar warga yang hendak pergi ke Meksiko mempertimbangkannya kembali jika tidak benar-benar perlu.

Di Filipina, pemerintah meningkatkan pengawasan di pelabuhan untuk mencegah masuknya daging babi impor dari AS dan Meksiko. Mereka juga menyerukan agar dilakukan vaksinasi rutin terhadap peternakan babi.

Adapun di Malaysia, orang-orang yang menuju dan pulang dari Meksiko diperiksa kesehatannya.

Di Indonesia sendiri, Departemen Kesehatan telah mengambil berbagai langkah antisipatif dan berkoordinasi dengan WHO serta Departemen Peternakan dan Departemen Pertanian. Namun sejauh ini belum ada pemeriksaan dan karantina yang dilakukan terhadap warga yang baru datang dari Meksiko dan AS.

Flu babi jenis baru yang merupakan kombinasi antara flu burung, flu babi, dan flu manusia ini telah merenggut 81 nyawa dan menginfeksi lebih dari 1.300 orang di Meksiko. Flu ini juga telah menjalar ke AS dan menginfeksi 11 orang dan diduga telah pula merambah Selandia Baru.

WHO telah memperingatkan semua negara di seluruh dunia agar waspada terhadap kemungkinan munculnya pandemi global. Pandemi flu terakhir kali terjadi pada tahun 1968 saat flu 'Hong Kong' menewaskan sekitar 1 juta orang di seluruh dunia. (sho/irw)

4 comments:

  1. haduh..penyakit makin aneh2 aja ya sil...pusing deh. Padahal baru aja masuk flu singapura, sekarang ada lagi nih: flu babi. goodness!

    ReplyDelete
  2. iyyy....

    serem ya...apalgi dulu kejadian flu burung itu...mabok dah...mo makan apa ya kita nih???

    ReplyDelete
  3. Hi Mei ...
    salam kenal juga
    gue follow di blog ya ...

    ReplyDelete
  4. Wah pas g di bali yak mewabahnya hahaha sereeeeeemmmmmmmmmmm. mana g makan babi guling lagi....

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya