Minum susu sapi itu bagus ato ga???

18 Juni 2010, jumat

Kemarin ada baca status temen di fb,
Hasil pengamatan ratusan ribu usus besar dan usus 12jari manusia yg begitu kotor dan berpotensi penyakit ternyata adl milik org2 yg mengkonsumsi susu scr rutin/sering!!!! Jangan minum susu kalo uda bisa makan sayur!!!susu adl makanan yg paling sulit d cerna!!!!!

Wadoh shock juga bacanya...nyoba nge browse , ternyata ada artikel dari Prof Dr Hiromi Shinya, penulis buku yang sangat laris: The Miracle of Enzyme, yang mengatakan susu sapi adalah makanan/minuman paling buruk untuk manusia. Manusia seharusnya hanya minum susu manusia. Sebagaimana anak sapi yang juga hanya minum susu sapi. Mana ada anak sapi minum susu manusia.

Ini kutipan selanjutnya.
Mengapa susu paling jelek untuk manusia? Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis? Jawabnya: karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita.
Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat.
Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan ”enzim induk” yang seharusnya lebih baik dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Namun, karena enzim induk terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, peminum susu akan lebih mudah terkena osteoporosis.

Profesor Hiromi tentu tidak hanya mencari sensasi. Dia ahli usus terkemuka di dunia. Dialah dokter pertama di dunia yang melakukan operasi polip dan tumor di usus tanpa harus membedah perut. Dia kini sudah berumur 70 tahun. Berarti dia sudah sangat berpengalaman menjalani praktik kedokteran. Dia sudah memeriksa keadaan usus bagian dalam lebih dari 300.000 manusia Amerika dan Jepang. Dia memang orang Amerika kelahiran Jepang yang selama kariernya sebagai dokter terus mondar-mandir di antara dua negara itu.

Setiap memeriksa usus pasiennya, Prof Hiromi sekalian melakukan penelitian. Yakni, untuk mengetahui kaitan wujud dalamnya usus dengan kebiasaan makan dan minum pasiennya. Dia menjadi hafal pasien yang ususnya berantakan pasti yang makan atau minumnya tidak bermutu. Dan, yang dia sebut tidak bermutu itu antara lain susu dan daging.

Dia melihat alangkah mengerikannya bentuk usus orang yang biasa makan makanan/minuman yang ”jelek”: benjol-benjol, luka-luka, bisul-bisul, bercak-bercak hitam, dan menyempit di sana-sini seperti diikat dengan karet gelang. Jelek di situ berarti tidak memenuhi syarat yang diinginkan usus. Sedangkan usus orang yang makanannya sehat/baik, digambarkannya sangat bagus, bintik-bintik rata, kemerahan, dan segar.

karena tugas usus adalah menyerap makanan, tugas itu tidak bisa dia lakukan kalau makanan yang masuk tidak memenuhi syarat si usus. Bukan saja ususnya kecapean, juga sari makanan yang diserap pun tidak banyak. Akibatnya, pertumbuhan sel-sel tubuh kurang baik, daya tahan tubuh sangat jelek, sel radikal bebas bermunculan, penyakit timbul, dan kulit cepat menua. Bahkan, makanan yang tidak berserat seperti daging, bisa menyisakan kotoran yang menempel di dinding usus: menjadi tinja stagnan yang kemudian membusuk dan menimbulkan penyakit lagi.

Karena itu, Prof Hiromi tidak merekomendasikan daging sebagai makanan. Dia hanya menganjurkan makan daging itu cukup 15% dari seluruh makanan yang masuk ke perut.

So, apakah susu sapi baik buat tubuh manusia?? Jadi ragu2 menjawabnya kan? Soalnya kita tuh dari dulu udah dibisikin soal 4 sehat 5 sempurna kan? Yang sempurna itu minum susu. Lah kalo ada penilitian kayak gini, apakah kita masih berani maksa diri ato anak2 kita minum susu sapi?
Jadi stress juga gw bacanya?? Mulai sekarang, mending minum susu kedelai aja ...

6 comments:

  1. gw bukan penganunt The Miracle of Enzyme
    tapi juga engga menentang..
    jadi kalo minum susu for fun sih oke-oke ajah
    asal ngga jadi keharusan hehee...

    ReplyDelete
  2. Sama kayak Xiao, gw bukan penganut Hiromi tapi yah ga menentang juga. Anak gw sejak gak asi, emang susah bangeeet minum susu, secara dia gak bisa ngedot botol, jadi disendokin. Jadi dia gak rutin minum susu, tapi susu gw jadikan alternatif kok kalau dia nemenin gw miting dan jkta kan macetnya ampun2an, nah buat ganjel gw ksh susu di mobil.

    Katanya susu soya kebanyakan malah ga bagus untuk kesuburan loh,hehe bingung ya :)

    ReplyDelete
  3. sama juga nih dengan Xiao, gue juga jarang minum susu, klo lg kepengen aja, sedangkan Alden sehari2 susunya kayanya masih dalam tahap wajar...
    bukannya anak2 masih butuh susu ya?? *jadi nanya*

    emang bingungin ya hehehheheh

    ReplyDelete
  4. kayanya emang teori ini masih kontroversi yah...
    gue sendiri gak maksa anak minum susu. Kalo pas ada, ya boleh minum secukupnya, tapi gak dijadikan menu wajib
    Gue lebih suka mereka makan brokoli (atau sayuran lainnya) dan ikan. Walau masih juga sih sediain ayam, sapi :-p sebenernya sumber kalsium gak cuma susu, sayuran hijau, ikan teri, sinar matahari jg termasuk sumber kalsium.
    anyway, kalo cuma ditanya masalah susu-nya doank, gue cenderung percaya teori di atas. Ada orang lain lagi yg omongannya mirip, dr. Tan Shot Yen (google aja deh coba). Dia pernah seminar di jkt (walau gue gak ngikut), katanya (gak persis kata2 dia nih) anak di atas usia 3th udah gak cocok minum susu. karena susu sapi ternyata partikelnya gede soalnya dimaksudkan utk perkembangan tulang anak sapi supaya jadi segede sapi dewasa. Sedangkan anak manusia tulangnya gak bakal juga jadi segede itu.
    Sementara, dulu gue pernah bawa luna ke dr krn batuk. si dr nanya kalo gue kasi dia susu cair? dia mulai ngoceh bla..bla..bla..soal partikel susu yg gede itu dan katanya jadi ke alergi batuknya itu, lalu menyarankan susu bubuk aja. Haiya, gue tambah bingung. Walau susu bubuk, diminumnya ya dilarutkan dulu donk dan kaga dlm bentuk bubuk? jadi....??? dah ikut bingung belum...?

    ReplyDelete
  5. samaaaa...jadi bingung kan?
    tapi Mei di skulnya kan tiap hari makan di skulnya, tiap hari ada minum susu...na lho? gw jd bingung lagi...sebenernya minum susu buat anak SD itu bagus ato ga? kalo ga, kenapa tiap hari ada menu susu ya?

    ReplyDelete
  6. ikutan komen de....suamiku ngelrng brt tu yg namanya susu sapi,klo anak2 uda bs ambil vitamnin dr mkanan sehr2 ga prlu susu x ya....berhubung anak2 sk yg namanya ikan jd ga khawatir bkln kekrgn calsium...mnding air putih aza...plng sehat^^

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya