子宮頸がん/ kanker mulut rahim

12 July 2010, senin

Udah sebulan yang lalu datang surat pemberitahuan dari pemerintah, isinya kupon check up untuk kanker mulut rahim/ shikiugan kensha. Kupon ini diberikan gratis buat wanita yang umurnya 20 th, 25 th, 30 th, 35 th , 40 th. Tempat priksa di Rumah sakit, bisa pilih sendiri rumah sakitnya, yang tertera di surat pemberitahuannya itu.

Ada juga kupon buat periksa kanker payudara, tapi kali ini gw belom dapet, coz khusus diberikan buat wanita yang umurnya 40 th, 45 th, 50 th, 55 th, 60 th. Gw salut ama pemerintahan Jepang ini yang care ama kesehatan rakyatnya. Bayangkan aja, ini kupon diberikan gratis buat periksa kanker, coba berapa banyak tuh uang subsidi nya???

So, hari ini gw memutuskan untuk menggunakan tuh kupon buat periksa kanker, serem juga, di Jepang, dari 3 orang bisa ada kemungkinan 1 orang yg meninggal gara2 kanker...so, kemungkinannya ada 30 persen kan?? Lebih baik periksa daripada menyesal di kemudian hari kalo ternyata ada kanker kan bisa diobati lebih dini.

Gw pilih RS tempat gw melahirkan ank2, dulu si dokternya cewek semua, tapiiii, ternyata gw masuk periksa, dokternya cowo...wadoh, malu juga...mo batalin juga ga bisa dah...nekatt..hehe.
Di ruang periksanya, ada monitor, jadi kita bisa liat jelas tuh rahim kita gimana...tentunya dengan masukin alat deh ke vagina, ga sakit kok asal kita rilex.
Untungnya dokternya tuh ramah bangettt, penjelasannya panjang lebar, dia bilang si, mondai nai, mksudnya hasilnya zero, no cancer....yahhh...lega deh gw. Nti bakalan dikirimin surat tentang hasil periksanya.

Thx buat pemerintah Jepang yang care ama kita2 nih.

8 comments:

  1. asyik bgt yah syl bisa dapet kupon2 gratis buat check up :)

    gw justru takut pas dimasukin alat kan tegang banget hahaha jd gak rileks..

    ReplyDelete
  2. klo gue dapet kupon gratisan pasti langsung cek deh..

    btw gue belom cek begituan nih jd was2 juga, coba cari info ah :)

    ReplyDelete
  3. iyaaa...disini si dianjurin buat cek up 2 th sekali tuh...jaga2 kan lbh baik daripada uda kejadian, telat ngobatin

    ReplyDelete
  4. wahhhh enak banget yah sil di sono bisa dikasih kupon gratis, bener2 care yah pemerintahnya. Kalo di sini sih, cuma digembor2in doang untuk priksa mammo gitu, rahim ama payudara, cuma ya gitu kudu bayar ndiri..wahaahahah :).
    Untung dah ga ada macem2 hasilnya yah sil, jadi lega deh :). Gue juga bakalan takut loh kalo priksa2 gitu, padahal mah lebi bagus kalo dipriksa yah.

    ReplyDelete
  5. bagus dong syl udah diperiksa dan hasilnya bagus, gak ada apa2, senang dengarnya.. Ho oh tengsin juga sih, kalo yg periksa dokter cowok. Gue blom periksa juga neh..

    ReplyDelete
  6. di sini juga disuruh periksa, bayar sih..tp murah...pernah gua sekali males, dikirimin surat ampe 2x, yg ke 2 suratnya dari health dept, mampus dah...akhirnya periksa juga deh...

    ReplyDelete
  7. iyaa...biar males, biar agak mahal, kayaknya kita lebih baik priksa deh daripada ntar telat ketauan nya...kalo negatif kan lega jadinya ...

    ReplyDelete
  8. Malahan sama ginekolog langgananku dianjurkan periksa 1 thn sekali, di luar masa hamil. Kanker ini asal terdeteksi secara dini (masih stadium awal, kalau emang kena ya) punya chance besar untuk sembuh total. Tapi kalau ketauannya udah stadium lanjut bisa fatal...

    ReplyDelete

silakan koment asal sopan ya